8 Destinasi Wisata di Pekanbaru Paling Hits Wajib Dikunjungi

  • Whatsapp
Tempat Wisata Pekanbaru

Destinasi Wisata Pekanbaru – Pekanbaru merupakan ibukota dari Provinsi Riau, kota ini ialah kota terbesar yang ada di Riau. Banyak destinasi wisata rekreasi di Pekanbaru yang wajib kalian kunjungi kalau lagi di Pekanbaru. Sebagai travel blogger yang masih newbie, saya menyarankan kalian segera ambil cuti dan berlibur ke Pekanbaru.

Selain menjadi kota terbesar di Riau, Pekanbaru merupakan kota perdagangan dan jasa. Tempat dengan tingkat pertumbuhan dan migrasi yang tinggi menjadikan Pekanbaru cukup berkembang. Pekanbaru memiliki satu bandara Internasional yakni Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II, bus antar kota dan antar provinsi, serta dua pelabuhan di Sungai Siak, yakni Sungai Duku dan Pelita Pantai.

Ada yang menarik dari Pekanbaru, masyarakat yang tinggal di sini tergolong multi-etnis yang arti nya beragam suku tinggal di satu tempat.

Menjadi kota bisnis bukan berarti Pekanbaru tidak memiliki destinasi wisata paling hits.

8 Destinasi Wisata di Pekanbaru

Berikut rangkuman 8 Destinasi wisata di Pekanbaru yang wajib kalian kunjungi :

1. Objek Wisata Keluarga Riau Fantasi

Destinasi Wisata Pekanbaru-Riau Fantasi
Sumber : dolanyok.com

Wahana air terbesar dan terlengkap se-Sumatra ada di sini. Tempat yang di kenal dengan sebutan Labersa Water and Theme Park ini memiliki luas sekitar 6,5 hektar.

Riau Fantasi di klaim sebagai taman bermain yang memiliki wahana terlengkap se-Sumatra yang memiliki fasilitas seperti kolam renang, kolam arus, air terjun buatan, seluncuran. Selain itu, tersedia pula wahana untuk menguji adrenalin seperti kora-kora, speedy coaster, family swinger, wave bluster, dan sky tower.

Selain wahana kering atau basah, di sisi lain Riau Fantasi juga menyediakan fasilitas lain seperti mushola, gazeobo, toilet, kafe, pokoknya lengkap dah.

Riau Fantasi hanya berjarak 45 menit dari pusat kota Pekanbaru. Kalian bisa menikmati semua wahana yang ada di sini hanya dengan membayar Rp 60.000 untuk Weekday dan Rp 70.000 untuk Weekend.

Alamat : Jl. Labersa, Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar.

2. Desa Wisata Okura

Desa Wisata Okura
Sumber : surgariau.blogspot.com

Bosan dengan panas, macet di kota kalian ? Yuk gaess Jangan lupa mampir ke desa wisata menarik yang ada di Pekanbaru, namanya desa Okura. Desa ini oleh pemerintah setempat jadikan desa wisata.

Sebenarnya Okura ini kelurahan loh, cuma biar menarik dan mudah di ingat, maka di namakan desa wisata Okura.

Keluaran Okura sendiri berada di pinggiran dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Siak dan Kabupaten Pelalawan, Riau.

Pemandangan alam yang indah dengan suasana yang masih asri dan sejuk menambah bikin makin asik dan betah tinggal disini. Selain itu, pengunjung juga bisa memancing di sekitaran aliran Sungai Siak yang jernih. So, kalau kalian kesini jangan lupa bawa pakaian ganti dan alat pancing ya!

Alamat : Jl. Raja Panjang Okura, Kecamatan Tebing Tinggi Okura, Kabupaten Rumbai Pesisir.

3. Taman Rekreasi Alam Mayang

Taman Rekreasi Alam Mayang
Sumber : tripadvisor.com

Tempat rekreasi alam mayang merupakan tempat yang wajib kalian kunjungi kalau lagi di Pekanbaru. Karena destinasi ini merupakan destinasi paling populer. Dengan luas sekitar 24 ha dan pemandangan yang indah, tempat ini sangat cocok untuk liburan keluarga.

Tempat ini sudah ada sejak tahun 1973 loh. Selain wahana air, tempat ini juga ada kolam renang, perahu air, hingga tempat pemancingan.

Bagi kalian yang punya si kecil jangan khawatir, ada arena mandi bola, taman bermain anak-anak dan studi film 3D loh. Pertunjukan sulap, topeng monyet juga siap menghibur kalian sekeluarga.

Taman Rekreasi ini buka setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 18:00 dengan harga tiket masuk sekitar Rp 20.000 kalian bisa menikmati semua fasilitas yang ada di sini.

Alamat : Jl. H. Imam Munandar, Taman Alam Mayang, Kecamatan Tengkerang Timur, Kabupaten Tenayan Raya.

4. Kebun Binatang Sang Kulim

Kebun Binatang Sang Kulim
Sumber : tripadvisor.com

Destinasi wisata terkenal lainnya yang ada di Pekanbaru ialah Kebun Binatang Sang Kulim. Tempat rekreasi keluarga dengan luas sekitar 10 ha lengkap dengan koleksi hewan seperti monyet, burung, ular, landak, burung dan masih banyak jenis binatang lainnya disini.

Dengan harga tiket masuk sekitar Rp 20.000 kalian bisa menjelajahi tempat ini dan jika beruntung kalian bisa naik gajah hanya Rp 10.000.

Alamat : Kebun binatang kasang kulim, Kubang Jaya, Kec. Siak Hulu, Kabupaten Kampar.

5. Objek Wisata Sejarah Museum Sang Nila

Museum Sang Nila Utama
Sumber : Google

Selain wisata alam, keluarga, Pekanbaru ternyata juga memiliki wisata edukasi loh. Nama tempat tersebut ialah Museum Sang Nila Utama.

Di tempat ini menyimpan beberapa benda seni dan budaya yang bernilai tinggi. Contohnya adalah pakaian adat, alat musik tradisional, senjata adat dan permainan-permainan yang kerap kita mainkan zaman dulu seperti gasing dan benda bersejarah lainnya.

Alamat : Jl. Jend. Sudirman No.194, Tengkerang Tengah, Marpoyan Damai, Pekanbaru City, Riau

6. Wisata Budaya Balai Adat Riau

Wisata Budaya Balai Adat Riau
Sumber : triptrus.com

Bagi yang belum mengetahuinya, riau merupakan masyarakat yang beretnis melayu. Jika kalian ingin mengenal adat istiadat melayu khas Riau, kalian bisa mengunjungi Balai Adat Riau yang ada di jalan Diponegoro.

Tempat ini sering di jadikan sebagai tempat untuk melakukan pertunjukkan budaya sehingga pelestariannya tidak punah. Beberapa ciri khas adat Melayu Riau bisa kalian temukan di sini agar dapat menambah wawasan pengetahuan kalian loh gaiss.

Alamat : Jl. Diponegoro, Suka Mulia, Kec. Sail, Pekanbaru, Riau.

7. Masjid Senapelan

Masjid Senapelan
Sumber : goriau.com

Selain tempat bersejarah seperti balai adat riau dan museum adar riau, di Pekanbaru ada loh masjid tertua yang sampai hari ini masih di jadikan sebagai tempat beribadah umat Muslim. Menurut beberapa sumber, Masjid ini di bangun pada masa kesultanan Abdul Jalil Alamudin Syah yang merupakan seorang sultan Siak keempat pada tahun 1762.

Pada awal pembangunan masjid hanyalah berukuran kecil dan terbuat dari kayu. Namun kini, kalian bisa melihat masjid megah dan didominasi warna kuning khas Melayu dan berkubah besar dengan luas mencapai 60 x 80 meter.

Konon katanya, di masjid ini memiliki sumur tua yang di percaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Akhirnya, turis dari negara tetangga seperti Singapura, Brunei Darussalam dan Malaysia berbondong-bondong datang untuk membuktikan. Namun sekarang sumur di tutup karena berbagai alasan.

Alamat : Jl. Riau No. 73a, Padang Terubuk, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau.

8. Istana Siak Sri Indrapura

Destinasi Wisata Pekanbaru Istana Siak Sri Indrapura
Sumber : kompas.com

Destinasi wisata terakhir yang wajib kalian kunjungi merupakan salah satu peninggalan bersejarah dari kesultanan Siak yang dulu merupakan kerajaan terbesar yang ada di Riau.

Istana ini dibangun pada tahun 1889 oleh Sultan Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin. Pada bangunan utama mengadopsi gaya arsitektur Eropa, Arab dan Melayu. Meskipun sudah berusia lebih dari 100 tahun, namun masih tampak megah.

Pada lantai satu, kalian bisa melihat koleksi kerajaan seperti patung perunggu Ratu Wilhelmina dari Belanda dan Patung Sultan Syarif Hasyim I yang terbuat dari batu pualam dan berhiaskan berlian. Selain itu juga terdapat sebuah gendang yang berusia lebih dari 200 tahun dan gendang ini terakhir kali dibunyikan pada tahun 1914 sewaktu pelantikan Sultan Syarif Kasim II.

Di lantai dua tidak kalah menarik karena terdapat kamar sultan dan kamar tamu kerajaan yang berisi koleksi senjata pusata milik sang sultan. Selain itu, di lantai dua juga ada lukisan Napoleon Bonaparte yang dikirim langsung dari Prancis.

Lokasi : Kampung Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak, Riau.

Itulah 8 Destinasi Wisata di Pekanbaru yang bisa kalian jadikan sebagai referensi untuk berkunjung saat akhir pekan atau sewaktu liburan bersama pasangan, sahabat, atau keluarga tercinta. Jika kalian menyukai artikel ini jangan lupa untuk membagikan nya kepada yang lain agar mengetahui juga dimana letak objek wisata di Pekanbaru yang menarik untuk di kunjungi. Sekian dan Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *